KILASPOS (ROHUL) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu, Cepi Abdul Husen, S.Pd, MM, secara resmi melantik dan mengambil sumpah/janji 435 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Hall Islamic Center Rokan Hulu. Minggu (26/05/2024).



Acara tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Rokan Hulu, Rahmat Syah dan Susana, Kapolres Rokan Hulu, anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu, perwakilan Bawaslu Rokan Hulu Gummer Siregar, Sekretariat KPU Provinsi Riau, Sekretaris KPU Rokan Hulu, serta seluruh staf dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Rokan HuluRokan Hulu.


Dalam sambutannya, Cepi Abdul Husen mengucapkan selamat kepada para anggota PPS yang baru dilantik. Ia memberikan apresiasi khusus kepada mereka yang telah berpartisipasi dalam pemilu sebelumnya dan menyambut baik anggota baru yang bergabung dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.


Menurutnya, pelantikan ini menandai awal dari berbagai tugas yang akan mereka laksanakan sesuai dengan tahapan Pilkada 2024 di tingkat desa dan kelurahan.


“Di depan saudara-saudara sekalian sudah menanti tugas dan tanggung jawab yang besar untuk mensukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu tahun 2024. Meskipun pemilihannya akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November, tahapan sudah berlangsung sejak Januari,” jelas Cepi.


Cepi juga menekankan bahwa setiap desa akan diwakili oleh tiga orang PPS, yang berperan sebagai KPU di desa masing-masing. Sukses tidaknya pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu sangat bergantung pada kinerja seluruh anggota PPS.


“Kami yakin Bapak Ibu saudara-saudara sekalian adalah orang-orang terbaik yang telah kami pilih. Kami percaya Anda bisa melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai panitia pemungutan suara dengan baik,” ujarnya.


Setelah pelantikan, Cepi berharap anggota PPS segera berkoordinasi dengan kepala desa masing-masing untuk mengusulkan calon sekretariat dan staf sekretariat. Selain itu, proses pemutakhiran data pemilih juga sudah harus dimulai, di mana PPS nantinya akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih.


“Maka pilihlah petugas pemutakhiran data pemilih yang dapat melaksanakan tugas dengan tanggung jawab. Jangan hanya mencoklit di atas meja atau dari dalam rumah, tetapi harus mendatangi rumah ke rumah agar seluruh masyarakat Rokan Hulu terdaftar dan terdata sebagai pemilih pada Pilkada 2024,” terang Cepi.


Di penghujung sambutannya, Ketua KPU Rokan Hulu Cepi Abdul Husen berpesan agar anggota PPS berniat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, negara, dan daerah demi suksesnya Pilkada Rokan Hulu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (LUBER JURDIL), sesuai dengan tagline Pilkada Rokan Hulu 2024.


Dengan pelantikan ini, diharapkan seluruh anggota PPS dapat menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dan dedikasi, sehingga proses pemilu dapat berjalan dengan lancar dan sukses.


Ketua KPU Rokan Hulu juga mengingatkan pentingnya sinergi antara PPS dan seluruh elemen masyarakat untuk mencapai tujuan bersama dalam menyelenggarakan pemilu yang berkualitas. (Mc. Diskominfo).***


(F.W.Nst)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama